Cara Menambahkan Lampu Led berjalan Pada Box Motor - Modifikasi Rider

Breaking

Cara Menambahkan Lampu Led berjalan Pada Box Motor

Selamat malam sobat bikers semua, pada kesempatan kali ini ane mau berbagi sedikit buat para bikers yang menggunakan box pada tunggangannya. Tunggangan ane Vario Techno 125 ISS, rencananya ane mau sharing semua modifikasi yang sudah ane terapin pada motor ane. untuk sementara ini ane baru modif pada bagian penerangan dan bracket belakang saja, dan kali ini ane mau sharing bagaimana memasang lampu led berjalan pada box yang tidak ada stoplampnya pada saat sobat membelinya. Box yang ane pasang bermerk Givi E450NT dengan mika berwarna putih, bukan tanpa alasan ane memilih box ini, disamping agar terlihat matcing dan elegan dengan tunggangan ane box dengan mika putih juga akan memberikan efek cahaya yang bagus dari led yang akan dipasang.
box givi E450T
Untuk dapat memasang Led berjalan pada box ini hal yang sobat harus persiapkan adalah :
  • Gunting/cutter
  • Isolasi
  • Obeng
  • Seperangkat alat solder

jika peralatan sudah siap semua mari kita mulai. Hal pertama adalah kita akan membuka mika yang menempel pada box dengan cara melepaskan tiga buah baut yang menempel pada box bagian dalam
jika baut sudah terlepas semua, lepas perlahan mikanya kemudian lepas juga visor plastik yang menempel pada mika, karena pada visor inilah kita akan menempelkan led-nya.
sobat bebas memilih led yang akan digunakan, tapi saran saya alangkah baiknya led yang akan dipasang nanti haruslah fleksibel karena akan ditempatkan pada area yang cembung sehingga led dapat mengikuti alur mika yang ada. tempatkan led pada posisi center pada visor, ingat center yang saya maksud adalah posisi center pada saat lampu menyala bukan membagi dua bagian led yang ada, karena tidak semua bagian dari rangkaian tersebut dipenuhi oleh led, ada sebagian kecil panjangnya digunakan untuk menempatkan ic rangkaian yang digunakan untuk mengaktifkan led. tambahkan juga satu buah kabel dengan panjang disesuaikan dengan jarak box terhadap lampu belakang agar pada saat penginstalan lampu tidak tertarik.
Untuk menambahkan efek cahaya, ane membuat rangkaian led yang ane solder sendiri, dengan dibantu IC 7805 sebagai regulator tegangan agar led tidak terbakar, ane pasang rangkaian led ini dibawah rangkaian led yang utama
langkah selanjutnya adalah pasang kembali visor pada mikanya, eratkan menggunakan isolasi agar mika tidak menggelembung
berikutnya kita harus  melubangi box pada bagian bawah dan atas untuk menghubungkan led dengan sumber tegangan, bisa menggunakan alat solder ataupun bor tangan kalo ada, kemudian masukan kabel yang sudah terpasang tadi diantara kedua lubang yang sudah dibuat.
Sambungkan Led dengan sumber tegangan, kalian bisa menghubungkannya dengan stoplamp ataupun lampu senja, semua tergantung kebutuhan kalian. yang ane lakukan adalah menghubungkan led utama pada box ini dengan lampu senja yang mana kabel pada lampu senja ini sudah ane tambahkan switch agar sewaktu-waktu bisa ane nonaktifkan, dan menghubungkan rangkaian led buatan sendiri langsung dari flasher sein berbarengan dengan lampu rem yang ikut berkedip yang sudah ane modifikasi sebelumnya. untuk modifikasi lampu flasher ini bisa ente lihat pada postingan ane sebelumnya Modif Lampu Vario Techno Iss Menggunakan Hazzard Onboard
Masukan kabel disela-sela brucket sampai ke lampu belakang, buka bagian penutup lampu belakang dengan cara melepas tiga buah baut.
Jika akan menghubungkan dengan stoplamp, maka sobat harus menyambungkannya dengan kabel berwarna hijau bergaris kuning dan kabel berwarna hijau, sebaiknya kamu cek dulu dari kedua kabel itu mana positif dan mana yang negatif, tapi jika sobat belum bisa cara mengechecknya langsung saja dicoba pada lampu lednya, jika sudah menyala barulah kabel disolder, saran saya jangan hanya di ikat saja karena hal ini bisa mengakibatkan arus pendek pada kabel serabut sehingga kabel bisa terbakar dan lifeitime dari led bisa berkurang. Atau jika sobat ingin menghubungkannya dengan lampu lampu senja bisa menyambungkannya dengan kabel berwarna hiaju dan hitam.

jika sudah disambungkan maka pasang kembali penutupnya, Untuk memudahkan pada saat box dipakai dan tidak dipakai buatkan connector yang dapat plug & play pada bagian ujung bawah dari box, juga switch yang bisa memutus arus menuju led pada box karena biasanya led hanya digunakan pada malam hari saja dan mematikannya pada saat siang hari.

Selesailah sudah pemasangan led kita pada box givi E450NT, dan hasilnya bisa sobat lihat sendiri





Hasilnya bisa sobat lihat juga pada video yang saya unggah ke youtube di bawah ini :

2 comments: