Cara Pasang Bracket Box Motor Vario 125 ISS - Modifikasi Rider

Breaking

Cara Pasang Bracket Box Motor Vario 125 ISS

Salam Bikers sob, postingan modifikasi rider kali ini tentunya masih berhubungan dengan motor ( namanya juga bikers ). Bagi para rider box merupakan salah satu properti yang wajib terpasang pada motor. disamping untuk memuat berbagai kebutuhan touring atau memuat perlengkapan safety terlebih buat motor laki yang tidak mempunyai bagasi pada motornya. Penambahan box pada motor juga dapat membuat tunggangan terlihat berbobot dan elegan saat dijalan. Karena dianggap penting itulah maka pemasangan box ini mesti diperhatikan baik-baik, agar pada saat berkendara seorang rider dapat nyaman dan tidak terganggu konsentrasinya karena pemasangan yang asal-asalan. bayangkan jika pada saat melaju box yang dipasang terasa bergetar atau miring, tentu saja ini bisa membahayakan sang pengendara. kekokohan box pada motor tergantung pada dudukan yang menumpu box tersebut, dudukan inilah yang kita namakan brucket, jadi nyaman tidaknya box yang terpasang sangat tergantung pada brucket yang yang digunakan, terlebih cara memasangnya. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara memasang brucket agar bisa menopang box dengan baik. Sebenarnya saya pun memasang brucket ini dibengkel, tapi ada sedikit tambahan yang saya lakukan agar dudukan box ini menjadi lebih kokoh tak tertandingi ( kaya iklan semen, hahahaaa..... ), dan tidak ada salahnya saya sharing agar sobat baikers semua dapat memasangnya sendiri di rumah, lumayan duitnya buat touring...
box yang akan saya pasang adalah box Givi E450NT dengan jenis brucket HRW

Ini penampakan motor Vario 125 iss yang sudah terpasang brucketnya..
Jika kita lihat pada brucket HRW yang dipasang ada tambahan besi panjang yang digunakan untuk menyambung besi penopang yang tidak sampai pada pengikat bawah ( bustep ). bila diukur, besi tambhan ini mempunyai panjang 330mm, dan besi pengikat baut dengan panjang 40 mm. buatlah besi ini sebanyak 2 buah dengan lebar dan tebal disesuaikan dengan besi penopang bawaan brucketnya.
Buat juga lubang tambahan pada besi penopang bawaannya dengan cara di bor dengan jarak 125mm dari lubang tengah, hal ini karena lubang tengah yang sudah ada tidak sejajar dengan dudukan brucket pada motor.
Nah untuk menambah kokoh dudukan box, saya menambahkan dudukan yang terbuat dari besi sebagai alas dudukan box bawaan yang terbuat dari plastik, ini saya maksudkan agar penopang besi dapat tertarik sejajar antara yang kiri dan kanan sehingga penempatan box tidak miring.
Pada bagian tengah, saya juga menambahkan sebuah plat letter T yang beralur anak tangga, sebagai penopang tengah.


Jika semuanya sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah melepas brucket bawaan dan memasangnya dengan brucket HRW dan plat tambahan tadi, dan menguncinya pada setiap lubang dengan baut yang sudah disediakan pula.

Langkah terakhir adalah memasang dudukan box dan plat Letter T tadi, bisa dilihat pada gambar di atas.
nah...motor sudah siap kita pasangkan box, sebenarnya memasang brucket ini tidak melulu harus menggunakan box, tanpa box pun brucket ini menawan dipandang mata. dapat juga diberi accesories lampu jika sobat mau.
Demikian postingan modifikasi rider kali ini, untuk modifikasi lampu pada box motor dapat sobat lihat pada postingan saya sebelumnya Cara Menambahkan Led Berjalan Pada Box motor atau bisa klik disini.

No comments:

Post a Comment